Mencicipi Minuman Masa Kini Ala Bandung

Sabtu, 01 Oktober 2011

Bandung,review,Bandungreview

Setiap kota memiliki trennya masing-masing. Sama halnya dengan kota Bandung, kota yang memiliki segudang hal pengikut perkembangan jaman, terutama dalam segi kuliner. Isu pun menyebar dengan cepat dan sigap. Terjadi sebuah kompetisi tak tertulis dan tak terlihat antara satu spot ke spot jajanan lainnya. Semua seakan ingin menjadi yang terdepan dan disorot massa.

Begitu pula dengan minuman-minuman yang semula berguna untuk menentaskan dahaga, kini beralih menjadi salah satu cara untuk mencairkan suasana. Tak jarang, para pengunjung kafe hanya memesan minuman atau sekedar penganan ringan untuk membuat situasi terasa lebih nyaman, akrab dan menyenangkan. Tak heran bila acara-acara formal seperti meeting bisnis pun diadakan di tempat-tempat nyaman tersebut, ditemani oleh minuman santai.

Jika dirangkum dalam beberapa kalimat, kota Bandung memiliki pilihan minuman masa kini yang dapat dikategorikan sebagai berikut.

Semua Tentang KopiKopi memang menjamur di berbagai kalangan masyarakat, bahkan tak memandang kelas atau tingkatan ekonomi sama sekali. Minuman yang ditemukan di benua Afrika ini memiliki rasa dan khasiat yang sangat khas, mampu membuat seseorang terjaga dari rasa kantuk. Tak dapat dipungkiri, kopi pun mampu menjadi kawan baik di sela-sela waktu senggang, terutama bagi kaum pria.

Namun, di Indonesia, lebih tepatnya kota Bandung, kopi menjadi sebuah gaya hidup yang baru. Dikenal pula istilah “kopi darat” yang berarti bertemu dengan orang yang baru dikenal, ataupun “ngopi” yang berarti menyantap penganan ringan serta minuman santai. Cara menikmati kopi yang semula bisa dilakukan dimana saja, kini bergeser menjadi salah satu lifestyle kelas menengah ke atas. Kafe ataupun spot santai lainnya berlomba-lomba untuk menyajikan kopi yang terbaik.

Ketika Biskuit dan Krim Menjadi MinumanDunia kuliner Indonesia mengalami perkembangan yang luar biasa. Topping yang terdapat dalam minuman-minuman kreasi masa kini pun mulai menggunakan beragam aneka biskuit, coklat dan krim. Rasa unik pun kemudian tercipta. Biasanya minuman dingin yang mengandung susu lah yang cocok disajikan bersama topping khas ini.

Tak ayal, kafe-kafe di seantero kota saling berlomba-lomba meracik minuman dingin yang tak hanya melegakan dahaga, tetapi juga berkesan mengenyangkan. Walaupun harganya relatif lebih mahal dibandingkan minuman lainnya, tetapi minuman penuh topping ini cocok disantap di kala santai atau bertemu dengan klien bisnis.

Merasakan Aneka Sari Buah TrendiBuah-buahan, sama halnya dengan sayuran, memiliki banyak khasiat terhadap kesehatan manusia. Namun bedanya, buah-buahan lebih enak disantap di kala segar walau belum mengalami pemrosesan di atas tungku sama sekali. Meskipun begitu, buah-buahan pun seringkali disajikan dalam bentuk minuman segar, seperti jus ataupun smoothies. Minuman-minuman ini pula lah yang menjadi kawan baik bersantai dan tetap mengikuti perkembangan zaman.

Tak sama seperti smoothies yang memang menjadi fenomena baru minuman berasa buah, jus telah ada sejak zaman dahulu. Biasanya jus digunakan bagi orang-orang yang kesulitan menyantap buah-buahan dalam bentuk sebenarnya. Namun, berbagai cara pun dilakukan agar jus menjadi minuman yang tak kalah oleh pelega dahaga trendi lainnya. Salah satunya adalah upaya dari sebuah juice bar di bilangan Jalan Sultan Agung, Bandung. Dengan nama-namanya yang unik, seperti Warhol untuk jus pisang ataupun Religions untuk jus alpukat, juice bar ini telah mengangkat kembali nama sari buah di mata dunia kuliner Bandung.

Kembali Ke Cita Rasa TradisionalDi balik kuliner-kuliner modern yang terus menghantam perkembangan tren terkini, terdapat minuman dengan cita rasa tradisional yang tetap bertahan. Salah satunya adalah teh poci yang sering disajikan di kafe-kafe daerah dataran tinggi di Bandung. Minuman yang berasal dari daerah Tegal, Jawa Tengah ini dihidangkan dalam poci dan cangkir tanah liat yang disertai gula batu. Aroma melati yang menggiurkan, tak lupa dengan kelezatan saat dicicipi selagi hangat. Nuansa tradisional pun terasa di sini.

Selain teh poci, cita rasa tradisional pun dapat ditemukan di minuman wedang jahe dan wedang ronde. Minuman hangat yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur ini juga menjadi salah satu jenis kuliner yang dilestarikan, terbukti dengan cukup banyak anak muda yang mulai menyukai minuman ini.

Tak hanya melegakan dahaga, minuman-minuman ini pun dapat mencairkan suasana, menjadi gaya hidup dan membuat nuansa tersendiri. Jadi, sajian minuman manakah yang akan dipilih untuk menemani waktu senggangmu, pembaca?

0 komentar: