Kuliner Bandung : Penganan Ringan Ala Jepang

Sabtu, 01 Oktober 2011

Bandung,review,Bandungreview

Huruf-huruf kanji bertebaran di jalanan kota. Ini bukan Tokyo, ini bukan Kyoto, ini juga bukan Hokkaido. Kami masih berada di kota Bandung, yang lebih tenar disebut sebagai Paris van Java. Namun, makanan bernuansa Jepang sudah cukup menjamur di kota ini. Kebanyakan masyarakat Bandung sudah banyak yang mengenal istilah wasabi, sushi bahkan takoyaki. Ya, selain film-film Jepang yang cukup menjamur di masyarakat Indonesia, ternyata kuliner khas Jepang pun cukup mendominasi di kalangan warga Bandung, terutama generasi muda.

Namun, makanan Jepang ini seringkali identik dengan harga yang kurang terjangkau, terutama bagi menu utama yang disajikan dari restoran ke restoran. Dibutuhkan kocek yang tak sedikit untuk sekedar mencicipinya.

But anyway, untuk pembaca yang sangat mencintai aroma Asia Timur yang kental dalam rasa kuliner Jepang ini, terdapat beberapa penganan ringan Jepang yang dapat disantap dengan harga yang cukup terjangkau. Tak hanya terjangkau, kuliner ini juga mudah ditemukan di seantero kota Bandung, dan memiliki porsi yang cukup untuk mengganjal perut. Penasaran, clickers?

Cemilan Jepang #1 : TakoyakiBentuknya menyerupai bola-bola. Ukurannya beragam dari 3 – 5 cm, tergantung pada stall yang menjualnya. Biasanya, takoyaki yang berisi daging gurita ini ditaburi nori (rumput laut) biru dan juga katsuoboshi (sejenis makanan berbahan baku ikan cakalang berbentuk seperti serutan kayu). Biasanya tusuk gigi lah yang berfungsi sebagai “sumpit” bagi takoyaki.

Kali pertama menyentuh lidah, rasa asin bercampur dengan saus okonomiyaki yang memiliki rasa amis dan manis. Sayuran pun dapat ditemui dalam bola-bola berbahan dasar tepung ini. Dengan lima buah bola takoyaki dalam satu porsinya, perut pun terasa penuh dan kenyang seketika.  Yummy, apalagi bila disantap selagi hangat. Kamu bisa menemukan seporsi penuh takoyaki ini di beragam restoran ataupun kedai Jepang di pinggir jalan, salah satunya adalah Kedai Ling-Ling di Jalan Cihampelas.

Cemilan Jepang #2 : Kue Mochi

Bila mendengar namanya, kue ini bukanlah kue yang terdengar asing di kehidupan pembaca. Masa kecil pun bergelimpangan dengan nama penganan khas negara Matahari Terbit yang satu ini. Mochi atau omochi merupakan salah satu camilan Jepang yang juga tenar di kota kembang. Biasanya kue mochi di Indonesia diproduksi dari tepung beras ketan putih. Biasanya bola-bola kecil mochi ini diisi pula dengan adonan kacang, dan ditaburi oleh tepung sagu, sehingga warna putihnya sangat menggoda mata. Manis, kenyal dan mendatangkan sedikit aura nostalgia. Itulah kue mocha.

Cemilan Jepang #3 : Roti Panggang Jepang

Roti bakar Bandung merupakan salah satu kuliner yang selalu dicari. Rasanya bervariasi, mulai dari keju hingga kornet pun bisa dikolaborasikan dalam roti bakar ini. Namun, muncul lah jenis kuliner roti yang juga siap bersaing dalam dunia kuliner Bandung. Roti panggang Jepang cukup menggenggam sedikit keunikan yang tak dapat ditemukan dalam sajian roti lainnya. Biasanya, roti panggang tebal ini diisi kembali dengan buah-buahan dan juga es krim yang melegakan dahaga. Sebuah kolaborasi tepat, mungkin akan mengingatkan pembaca akan kenangan terhadap roti tawar berisi es krim gerobak yang biasa menghampiri pelataran rumahmu. Coba nikmati sensasi unik khas kota Ropongi Jepang, di sebuah spot kuliner khusus roti panggang dalam mall Cihampelas Walk.

Hmm… tak ada salahnya bukan mencoba penganan-penganan ringan dengan cita rasa Asia Timur ini, pembaca? Tak perlu menunggu hingga tabunganmu terisi penuh, karena hanya dengan kocek sedikit, kamu pun sudah dapat menikmati sajian kuliner ringan khas Jepang. Selamat menikmati!

0 komentar: